Banyak orang tua terutama ibu yang merasa tidak yakin. ketika harus memilih berbagai macam sayur yang bagus untuk MPASI. Sebab ada kekhawatiran yang menghantui pikiran ibu sehingga menyebabkan kebingungan.

Padahal seharusnya hal tersebut tidak terlalu dikhawatirkan.  Untuk membantu ibu agar dapat memutuskan sayuran jenis apa yang bisa diolah dalam pembuatan MPASI, maka dapat menyimak tips di bawah ini.

Cara Sayur yang Bagus untuk MPASI

Ada banyak sayur yang bagus untuk MPASI. Kendati Demikian Ibu harus dapat memilih yang terbaik karena ada beberapa jenis yang memang tidak disarankan diberikan kepada anak yang yang baru saja belajar makan.

Pilihlah Jenis Sayur yang Dapat Lunak

Pilihan pertama adalah ibu harus dapat memilih jenis sayuran yang lembut. Artinya bisa menjadi sangat lunak ketika diproses menjadi untuk mendapatkan tekstur MPASI yang sangat lembut.

Sebab pada umumnya untuk memberikan makanan anak yang baru saja belajar makan teksturnya tidak dapat tiba-tiba seperti orang dewasa. Dimulai dari bubur cair hingga menjadi lebih padat.

Oleh karenanya ibu dapat memilih sayuran yang memiliki daging yang sangat lembut. Antara lain adalah wortel, brokoli,  labu kuning, sayur bayam serta kentang. Semuanya dapat dipotong kecil serta memiliki tekstur yang dapat selembut  karbohidratnya.

Beraneka Macam Warna

Pilihlah sayuran dengan aneka macam warna untuk memperkaya asupan nutrisi yang diperoleh oleh anak. Sebab tidak semua sumber sayuran tersebut memiliki zat gizi yang jumlahnya sesuai dengan kebutuhan.

Semakin banyak pilihan sayuran yang dimasukkan ke dalam sajian, maka nutrisi anak pun akan semakin kaya. Selain itu pula rasanya tidak akan sama sehingga si kecil tidak akan merasakan bosan.

Hindari Sayuran yang Memiliki Rasa Tajam

Ibu perlu mempertimbangkan menggunakan sayuran yang memiliki rasa sedikit tajam. Artinya jika ditambahkan ke dalam bubur MPASI tersebut akan membuat hidangan mie itu memiliki rasa yang tidak netral.

Antara lain adalah penggunaan tomat ataupun lemon. Jika memanfaatkan keduanya tentu akan membuat bubur terasa asam. Bagi anak yang baru saja belajar makan bisa jadi membuatnya tidak nyaman.

Hindari Sayuran yang Bergas

Anak yang baru saja belajar makan tentu membutuhkan sayuran yang bisa mendukung proses pencernaannya. Apalagi pada bulan-bulan pertama organ pencernaan baru saja berkembang sehingga perlu beradaptasi dari menyerap ASI menjadi makanan yang lebih padat.

Oleh karena itu sebaiknya Ibu menghindari sayuran yang dapat menghasilkan gas serta iritasi pada saluran cerna. Termasuk di dalamnya dan lambung. Contohnya adalah kubis, brokoli, dan tomat.

Kini ibu dapat memilih sayur yang bagus untuk MPASI dengan mudah. Jangan lupa selalu berikan yang terbaik untuk sang buah hati agar kebutuhan nutrisinya terpenuhi dengan optimal.