Cara belajar yang baik untuk anak balita bagaimana, sih? Begini, bund. Anak usia bawah lima tahu beda dengan di atas lima tahun. bunda harus pahami dulu jiwanya. Usia itu masih sangat suka bermain daripada belajar. Mereka lebih suka lari daripada duduk menyimak penjelasan guru. Dari sini tentu bunda paham, kan, kalau anak segitu ngga bisa diajak belajar?

Tapi para ahli mengatakan bisa mengajari anak balita belajar. Bahkan disebut cara belajar efektif untukanak usia bawah lima tahun. cara ini mudah dilakukan serta tanpa biaya mahal. Usia balita seharusnya banyak bermain. Tapi kadang cemas ya, bun, kalau sampai sekolah ngga bisa apa-apa. Jika sedang mengalami itu, simak beberapa ulasan di bawah ini, yuk.

Kiat belajar Efektif untuk Balita

Ingat baik-baik! Balita beda dengan orang dewasa. Agar ia mau belajar, coba praktekkan beberapa trik berikut. Mari kita simak segera.

  1. Buat Susana Menyenangkan

Jangan dibuat formal, ya. Buat suasana menyenangkan dan sesuai dengan keinginan anak. Misal anak cewek, ia akan lebih suka jika diberikan mainan atau semisalnya. Beri dia mainan namun selipi dengan pelajaran yang sudah bunda siapkan. Namun sekali lagi jangan saklek.

Salah satu suasana menyenangkan untuk anak, yakni jajan. Bunda juga bisa memakai ini untuk mengajar anak. Kenalkan dengan hitungan dan angka.

  1. Mulai dengan permainan

Bermain lagi, nih, bunda. Anak balita memang selalu ingin bermain. Bunda bisa belikan atau buat mainan yang edukatif. Misalnya bola namun dikasih angka. Cara ini bisa menjadi ajang belajar yang baik untuk anak. Selain itu dia tidak merasa sedang digurui.

Anak akan merasa enjoy. Walau sebenarnya sedang diajari tentang ilmu. Pernah coba cara ini, bunda?

  1. Beri Hadiah

Misalnya jika anak berhasil menebak beberapa angka dapat hadiah. Ini juga cara menciptakan suasana belajar yang baik untuk anak. Dengan hadiah anak bisa jadi lebih semangat. Hadiahnya juga tidak usaha yang mahal atau berkelas. Mulai saja dari biskuit yang ada di pasar atau mainan. Namun hadiah mainan diberikan ketika ia berhasil dalam sebuah pelajaran.

  1. Jalan-jalan

Belajar tidak melulu di rumah. Tidak juga duduk sambil mendengarkan ceramah. Bunda bisa mengajak anak jalan-jalan dengan tujuan belajar. Caranya, coba ajak ke mall atau sekadar minimarket. Di sana ajak anak mengenali huruf, angka dan warna dari kemasan makanan atau minuman.

  1. Puzzle Abjad

Puzzle dengan angka atau abjad juga bisa dijadikan ajang belajar anak. Pernah coba, bunda? Coba deh. Ini menarik dan bisa dipraktekkan dengan mudah.

Sampai di sini dulu informasinya. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada kesempatan yang lain.