Menyeduh kopi memang susah-susah gampang. Dikatakan mudah karena prinsip menyeduh kopi hitam hanyalah mencampur kopi dengan air panas. Akan tetapi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar cita rasa dan aroma kopi bisa menjadi lebih maksimal. Meski membutuhkan beberapa kali percobaan dan latihan, lama-lama Anda pasti akan terbiasa untuk menyeduh kopi tersebut.

Hal inilah yang biasanya membedakan kenapa jenis kopi yang sama dan cara penyeduhan yang sama bisa menghasilkan cita rasa yang berbeda. Lalu bagaimana cara menyeduh kopi dengan tepat agar rasanya bisa keluar dengan maksimal? Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini.

Tips Menyeduh Kopi Agar Rasanya Nikmat

  1. Memilih kopi yang tepat

Sajian kopi yang nikmat diawali dari proses pemilihan kopi yang tepat. Untuk mendapatkan rasa kopi yang lebih segar, sebaiknya Anda memilih penjual yang memanggang kopinya langsung di tempat. Aroma kopi yang dipanggang sudah terlalu lama akan sedikit lebih samar dibandingkan yang dibakar langsung. Jika Anda membeli bentuk biji, pastikan simpan biji kopi tersebut dengan tepat, yakni di dalam wadah yang tertutup rapat.

Hal ini kerap diabaikan oleh penyeduh kopi pemula dan hanya sekadar membeli kopi saja. Padahal, sudah jelas bahwa biji kopi yang berkualitas nantinya juga akan menghasilkan sajian kopi yang lebih nikmat. Jika tidak terlalu memahami hal ini, Anda bisa meminta bantuan teman yang memiliki kompetensi dalam memilih kopi yang berkualitas.

  1. Menggiling kopi

Para ahli kopi berpendapat bahwa kopi akan kehilangan rasanya dalam 30 menit setelah kopi tersebut ditumbuk atau digiling. Oleh sebab itu, akan lebih baik jika Anda menggiling kopi ketika hendak diseduh. Membeli kopi berbentuk bubuk atau menggiling kopi dan menyimpannya di wadah akan sedikit mengurangi cita rasa kopi tersebut.

Ada berbagai mesin giling kopi yang bisa Anda pilih, mulai dari yang elektrik hingga manual. Simpan biji kopi di wadah tertutup dan giling hanya ketika hendak diseduh saja. Maka rasa yang dihasilkan akan lebih maksimal.

  1. Menakar kopi

Seperti halnya meracik menu makanan atau minuman lainnya, takaran juga harus diperhatikan. Kopi yang terlalu banyak akan membuat rasanya menjadi pahit, sedangkan terlalu sedikit akan membuat rasanya sedikit hambar. Idealnya, perbandingan antara kopi dengan air adalah 1:20, artinya setiap 1 gram kopi diimbangi dengan 20 ml air. Namun, beberapa orang juga menggunakan perbandingan 1:30 atau 1:14.

  1. Suhu yang tepat

Terakhir, suhu juga harus diperhatikan. Jangan menggunakan air mendidih untuk menyeduh kopi karena akan merusak rasa kopi. Begitu juga sebaliknya, suhu yang terlalu rendah akan membuat rasa kopi menjadi asam. Suhu terbaik untuk menyeduh kopi adalah antara 90 hingga 96 derajat celcius.

Dengan menerapkan cara di atas, Anda akan mendapatkan rasa kopi hitam yang lebih maksimal dan nikmat. Mengenai cara penyeduhan, Anda bisa menggunakan berbagai metode seperti French Press, V60, dan lain-lain. Namun, jika tidak punya banyak waktu, Anda juga bisa mengonsumsi kopi instan seperti Nescafe yang rasanya tak kalah nikmat.