Mendapati benjolan di ketiak mungkin saja bisa membuat penderitanya merasa khawatir. Sebab perubahan di bagian tubuh seperti kemunculan benjolan memang dapat menjadi pertanda terdapat keadaan kesehatan tertentu.

Namun Anda tak perlu khawatir sebab benjolan yang ada di ketiak merupakan hal begitu umum dan umumnya disebabkan oleh adanya pembengkakan kelenjar getah bening ataupun kelenjar yang ada di bawah ketiak. Tetapi terdapat banyak penyebab lain dari adanya benjolan pada ketiak. Adapun beberapa di antaranya kemungkinan membutuhkan penanganan.

Penyebab munculnya benjolan di bagian ketiak

Sebagian besar adanya benjolan pada ketiak tak berbahaya serta diakibatkan dari adanya pertumbuhan pada jaringan yang tak normal. Tetapi keadaan itu dapat mengindikasikan adanya permasalahan pada kesehatan mendasar yang lebih serius. Sehingga ada baiknya Anda meminta dokter untuk melakukan evaluasi tiap benjolan yang tak biasa Anda punya.

Penyebab timbulnya benjolan di bagian ketiak yang umum terjadi adalah :

  1. Adanya infeksi

Benjolan di bagian ketiak dapat disebabkan oleh adanya infeksi berupa virus, bakteri ataupun jamur. Biasanya benjolan yang disebabkan oleh adanya infeksi bakteri dapat menyebabkan komplikasi serius serta berpotensi mengancam keselamatan apabila tak segera mungkin diobati menggunakan antibiotic.

  1. Penyakit autoimun

Keberadaan benjolan pada ketiak bisa pula disebabkan oleh adanya penyakit di mana sistem kekebalan menyerang bagian jaringan sehat yang ada di dalam tubuh.

  1. Keadaan yang tak menular

Kemungkinan lain yang menjadi penyebab adanya benjolan di bagian ketiak lain yaitu gangguan tak menular seperti jaringan payudara meluas ke bagian ketiak, sindrom kelelahan kronis, reaksi alergi, obstruksi limfatik dan masih banyak lagi.

  1. Kanker

Adanya benjolan di bagian ketiak perlu juga diwaspadai lantaran dapat disebabkan oleh bermacam jenis kanker yang ada.

Penyebab benjolan pada ketiak di kalangan wanita

Munculnya benjolan di bagian ketiak dapat mengindikasikan kanker payudara. Adapun penyakit tersebut dapat dialami baik wanita ataupun pria namun lebih sering di kaum wanita. Oleh sebab itulah wanita perlu juga melakukan pemeriksaan pada payudara sendiri di setiap bulan serta melaporkan adanya benjolan payudara ke pihak dokter sesegera mungkin.

Tetapi payudara mengalmai perubahan pada hormonal selama siklus menstruasi berlangsung dan mungkin saja cenderung terasa lebih lembut ataupun menggumpal selama periode tersebut. Ini merupakan hal yang sangat normal. Untuk mengetahui hasil yang sangat akurat, lakukanlah pemeriskaan pada payudara sendiri sekitar 1 sampai 3 hari sesudah haid selesai.

Penyebab potensial lain dari kondisi tersebut adalah hidradenitis suppurativa. Keadaan kronis ini terjadi lantaran terdapat penyumbatan serta peradangan di dekat kelenjar bernama apokrin yang berasal dari folkel rambut bagian kulit.

Itulah penyebab dari adanya benjolan di bagian ketiak yang patut diwaspadai.