Memiliki anak yang sehat dan kuat tentunya adalah keinginan semua orang tua. Oleh karena itu berbagai macam cara dilakukan agar mereka dapat bertumbuh dengan baik dan sehat. Di samping memberikan makanan-makanan bergizi, salah satu cara yang sering dilakukan oleh para orang tua ialah dengan pemberian susu penambah berat badan anak.

Di pasaran juga banyak sekali merk susu penambah berat badan khusus untuk anak-anak yang dapat Anda temukan. Namun, Anda harus mencari yang benar-benar tepat karena tidak semua cocok untuk anak Anda. Kemungkinan ada beberapa yang justru tidak sesuai sehingga Anda harus lebih perhatian. Lalu, ada apa saja tips yang dapat dilakukan untuk menemukan susu penambah berat badan yang cocok?

Tips Menentukan Susu Penambah Berat Badan

  1. Memperhatikan kandungannya terlebih dahulu

Sebelum membeli susu untuk menambah berat badan anak, Anda harus memperhatikan dulu apa saja kandungannya, karena ini merupakan hal yang penting. Adapun baiknya susu untuk anak mengandung beberapa nutrisi di bawah ini seperti:

  • Protein, yang dapat bantu pertumbuhan otot pada anak.
  • Zinc, baik dalam membantu proses penyerapan gizi makanan yang dicerna anak.
  • Kalsium, berguna bagi pertumbuhan tulang anak.
  • Probiotik, dapat bantu pertahankan fungsi saluran cerna.
  1. Memilih susu yang sesuai dengan usianya

Ada banyak pilihan susu untuk menambah berat badan dengan patokan usia yang berbeda-beda. Ada yang khusus untuk 0-6 bulan, 1-3 tahun dan seterusnya. Setiap usia membutuhkan kandungan gizi yang berbeda sehingga Anda harus benar-benar menyesuaikannya. Jangan sampai ketika usia anak Anda baru 2 tahun, tapi Anda membeli untuk usia 5 tahun.

Tentunya hal ini bukanlah sesuatu yang bagus, mengingat bisa saja ada kandungan di dalamnya yang tidak cocok untuk balita 2 tahun. Jadi, Anda memang harus membeli sesuai dengan usianya agar mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Memilih susu yang dapat meningkatkan nafsu makan pada anak

Perlu diingat dengan baik bahwa minum susu bukanlah sebagai pengganti makanan, sehingga Anda harus tetap memberikan anak aneka makanan yang bergizi. Itu merupakan cara yang paling efektif dalam hal menaikkan berat badan, tapi kebanyakan orang tua justru salah kaprah dengan hal ini.

Beberapa anak juga mengalami kehilangan nafsu makan, sehingga Anda harus mencari susu yang dapat membuatnya kembali lahap dalam menyantap makanan. Misalnya saja susu yang mengandung bahan tertentu seperti Curcuma dan minyak ikan, kedua bahan tersebut dapat meningkatkan nafsu makan pada anak.

Kesimpulan

Jadi, kesimpulannya adalah Anda bisa memberikan anak-anak susu penambah berat badan, tapi jangan pernah melupakan hal lain seperti memberikan makanan bergizi. Karena hanya minum susu saja tapi nafsu makan tidak ada maka akan percuma, tidak akan ada hasil maksimal yang bisa Anda dapatkan. Namun, perlu diperhatikan juga jangan sampai berat badan anak Anda sampai kelebihan karena hal itu juga sama tidak baiknya.