Ada banyak orang yang bingung apa itu keputihan? Kebingungan itu muncul karena hal ini dianggap tabu orang masyarakat Indonesia sehingga baik kaum wanita atau pria yang masih diusi 17 tahunan merasa bingung. Dulu saya adalah salah satu wanita yang tidak tau apa itu keputihan? Dan ternyata sempat beberapa kali mengalami hal tersebut. Muncul cairan lendir diluar kondisi haid itu adalah keputihan.

Cairan yang dikeluarkan ini berupa lendir tapi ada juga yang bilang cuma mirip lendir, biasa ditemukan menempel pada celana dalam yang tepat diarena kewanitaan. Keputihan mah normal normal aja selama warnanya tidak abu-abu kalau masih bening itu berfungsi untuk membawa sel yang mati serta membersihkan area intim dari yang nama bakteri.

Lalu kapan keputihan itu dianggap normal serta di anggap tidak normal selain berwarna abu-abu seperti yang tadi sudah disebutkan. Langsung saja simak ulasannya berikut ini

walaupun setiap wanita ketika mengalami keputihan memilki kadar yang berbeda, warna, serta tekstur yang berbeda tapi pada dasarnya keputihan itu mempunya ciri-ciri tertentu untuk di anggap normal. Misalnya tidak berwarna abu-abu, tidak berwarna kuning ke hitam-hitamnya karena biasanya jika warna seperti yang tadi disebutkan, berarti Miss V sedang dalam kondisi tidak baik yang bisa saja terinfeksi bakteri.

Ciri-ciri keputihan normal

  • Apabila berwarna bening dengan tekstur yang elastik ini dikarenakan anda sedang berada pada tahap ovulasi. Lalu apa itu ovulasi? Ovulasi adalah proses dimana sel telur yang kondisi sudah matang keluar dari ovarium menuju tuba.
  • Berwarna putih dengan tekstur yang sedikit tebal ini juga menjadi salah satu tanda bahwa keputihan anda itu normal dan biasa muncul beberapa sebelum terjadinya proses menstruasi. Dikatakan tidak normal apabila disertai dengan rasa gatal ini menandakan anda sedang terinfeksi jamur di area Miss V.
  • Berwarna bening dengan kondisi lendir yang encer, ini sangat normal sekali. Umumnya terjadi ketika selesai olahraga dengan instesitas yang tinggi.

Ciri-ciri keputihan dianggap berbahaya bagi tubuh

Normal atau tidaknya keputihan umumnya bisa dilihat dari warna, tekstur dan baunya. Simak penjelasan keputihan yang tidak wajar diberikut ini

  • Kuning agak kehijauan dengan tekstur tebal agak menggumpal serta berbau busuk ini sudah jelas sesuatu yang tidak normal karena terinfeksi bakteri jahat.
  • Menggumpal serta berbusa, gumpalan yang muncul kayak keju. Jika ini terjadi segeralah konsultasi dengan dokter.
  • Munculnya bercak darah, dianggap normal ketika sedang menuju fase haid. Tapi kalau warna berubah tidak menentu setiap beberapa hari sekali ini bisa menjadi tanda bahwa ada yang salah dengan tubuh pada area Miss V.

Keputihan yang tidak normal memang pada umumnya karena infeksi bakteri, jamur serta penyakit kelamin yang menular. Jadi jika dirasa sudah tidak nyaman langsung saja untuk berkunjung kedokter untuk konsultasi solusi terbaiknya.