Zink atau seng, masyarakat lebih mengenalnya sebagai obat untuk mengatasi diare. Salah satu manfaat zink memang untuk mengatasi diare, baik untuk dewasa maupun anak anak. Tetapi, hanya sedikit orang yang tahu bahwa tubuh tetaplah memerlukan zink untuk menjaga kesehatan tubuh. Zink tidaklah bisa dihasilkan oleh tubuh sehingga moms perlu memberikan asupan zink kepada anak anak supaya kesehatan dan tumbuh kembang anak lebih optimal. Apakah memberikan zink kepada anak haruslah lewat asupan sirup dan sejenisnya? Jika moms bingung, tak ada salahnya moms mengetahui manfaat zink untuk anak berikut dengan makanan yang memiliki kandungan zinknya.

Manfaat Zink untuk Anak

Tadi di awal sudah disebutkan bahwa salah satu manfaat zink, termasuk untuk anak adalah untuk mengatasi diare. Jika selama ini moms memberikan cairan gula garam, itu hanya untuk menghindarkan anak dari kekurangan cairan. Sedangkan untuk mengatasinya, moms tetaplah memerlukan zink yang merupakan bagian dari mineral dalam tubuh. Zink juga bermanfaat untuk anak sebagai imunitasnya. Saat moms rutin memberikan asupan zink, lama kelamaan tubuh anak akan kebal terhadap penyakit sehingga anak tak akan mudah sakit.

Manfaat zink untuk anak yang selanjutnya adalah untuk pertumbuhan. Semenjak 1000 hari kehidupannya di dunia, dokter atau bidan selalu menyarankan bahwa anak haruslah diberikan gizi yang cukup supaya terhindar dari stunting. Salah satu asupan yang tak boleh moms lewatkan selama golden age adalah zink karena zink bisa mempengaruhi hormon pertumbuhan bekerja dengan optimal. Selanjutnya, manfaat zink juga untuk penyembuhan luka pada anak. Anak yang tak pernah melewatkan mengkonsumsi makanan yang mengandung zink, saat ia terluka, maka lukanya akan lebih cepat sembuh dibandingkan dengan anak yang tak tercukupi nutrisi zinknya.

Makanan Mengandung Zink untuk Anak

Inilah yang sering membuat moms pusing tujuh keliling, saat moms ditanya apa sudahkah moms memberikan makanan yang mengandung zink pada anak? Moms akan berpikir makanan yang seperti apa yang ada kandungan zink. Padahal, makanan yang tinggi zink sering dijumpai moms, misalkan gandum. Anak kecil terkadang lebih suka sarapan dengan roti gandum dibandingkan dengan nasi. Moms, dalam gandum tersebut mengandung zink yang bisa membuat tubuh anak menjadi kebal sehingga anak akan bisa mengeksplor dirinya tanpa takut akan terjangkit virus atau bakteri.

Ada lagi makanan kesukaan anak yang ternyata juga kaya akan kandungan zink yaitu sereal. Sereal yang terfortifikasi mengandung beberapa jenis nutrisi yang bermanfaat untuk anak, salah satunya zink. Saat anak sering mengkonsumsi sereal, moms tak perlu takut karena pada sereal ada zink yang bertugas untuk menjaga kesehatannya. Dengan begitu, dia aka  terus ceria melakukan aktivitasnya. Beberapa jenis makanan yang juga bisa dikonsumsi anak karena kandungan zinknya antara lain; daging ayam, daging merah, kacang kacangan, kentang dan lain lain. Jadi, mulai sekarang moms bisa rutin memberikan si kecil asupan zink karena manfaat zink begitu besar untuk kesehatan anak.